Rasa Sakit yang Dirasakan Ketika Menyusui

Secara umum, nyeri saat menyusui bukanlah hal yang normal. Jika Anda tidak mengambil tindakan yang tepat, rasa sakit hampir pasti akan menyebabkan kegagalan menyusui, karena ketakutan berikutnya untuk menyusui. Rasa sakit hampir selalu disebabkan oleh¬†posisi yang kurang tepat. Terkadang, suatu kondisi yang dikenal sebagai ‘Vasospasm’, yang diketahui mempengaruhi peredaran darah ke payudara, adalah penyebab puting perih.

Merasa nyaman merupakan hal yang sangat penting. Posisikan bayi dan habiskan beberapa waktu untuk memungkinkan bayi menempel pada payudara sebelum Anda membiarkan dia mulai menyusui. Jika Anda merasakan sakit, berhentilah dan ubah posisi sampai Anda merasa lebih nyaman.

Lindungi dan tenangkan puting Anda. Saat puting Anda sedang dalam masa penyembuhan, disarankan untuk bereksperimen dengan berbagai posisi menyusui yang berbeda di setiap menyusui sampai puting Anda kembali ke normal. Terdapat 360 derajat keterikatan (attachment) jadi jadilah kreatif. Beberapa wanita memiliki puting yang sangat sensitif dan mungkin harus bertahan untuk sementara waktu sampai mereka terbiasa dengan perasaan bayi mengisap. Namun seharusnya mereka tidak akan merasa rasa sakit setelah perlekatan awal.

Darah mungkin terlihat di puting Anda yang pecah-pecah atau di mulut bayi Anda, hal ini tidak akan membahayakan bayi Anda tetapi tinja mereka mungkin terlihat gelap selama beberapa hari. Puting yang lembut, tetapi tidak pecah-pecah, paling baik dirawat dengan balsem puting murni yang dapat dibiarkan saat menyusui. Riset menunjukkan bahwa luka sembuh lebih cepat setelah periode penyembuhan lembab. Dengan ini dalam pikiran, berbagai obat berbentuk penutup dan krim khusus sekarang tersedia untuk dibeli atau dengan resep. Lanjutkan menyusui selama perawatan, kecuali jika benar-benar menyakitkan. Jika ini masalahnya, maka Anda dapat memeras susu dari bagian yang terkena, sampai lebih nyaman. Perkenalkan kembali menyusui secara bertahap dan meskipun mungkin terasa sakit pada awalnya untuk menempel, setelah bayi menyusu dengan posisi yang tepat, puting akan segera sembuh

Artikel Lain

Mengeluarkan dan Menyimpan ASI

Mungkin ada saat-saat ketika Anda ingin mengeluarkan ASI Anda, seperti saat Anda terpisah dari bayi Anda. Berikut adalah caranya.