Apakah Bayi Mendapat Cukup?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh ibu baru tentang menyusui dan jawabannya sederhana: dengarkan isyarat bayi Anda (menjilat, gelisah, merengek – tidak perlu menunggu tangisan penuh!) dan beri dia makan kapan pun dan selama yang dia mau. Hal ini membantu untuk membangun keseimbangan antara penawaran dan permintaan dan jangan lupa ini termasuk makanan malam. Tingkat hormon lebih tinggi di malam hari, jadi makan malam sangat penting.

Beberapa saran yang perlu diingat

Ingatlah bahwa bukan hal yang aneh bagi bayi untuk menyusu antara 12 dan 20 kali dalam sehari di minggu-minggu awal. Tapi ini akan berkurang atau mereda seiring waktu.

Jangan tergoda untuk memperkenalkan botol atau susu formula. Hal ini dapat mengganggu persediaan Anda.

Cobalah untuk menghindari expressing (memerah) di minggu-minggu awal – ini tidak akan merangsang Anda untuk menghasilkan susu serta menyusui langsung. Menyusui jauh lebih langsung dan nyaman daripada memerahnya!

Usahakan untuk tidak berpisah dengan bayi Anda – kontak dekat (tidak harus kulit-ke-kulit) sangat membantu merangsang hormon penghasil ASI. Hanya dengan bau, penglihatan

maupun sentuhan bayi Anda akan membantu Anda memproduksi ASI.

Artikel Lain

Mengeluarkan dan Menyimpan ASI

Mungkin ada saat-saat ketika Anda ingin mengeluarkan ASI Anda, seperti saat Anda terpisah dari bayi Anda. Berikut adalah caranya.